Our Time Line of Vietnam-Laos-Kamboja-Thailand Trip

Egi

Sebagaimana sebelumnya, perjalanan ke Vietnam, Laos dan Kamboja kali ini pun kami susun time line-nya. Sekedar sebagai pegangan agar tidak lupa waktu. Kalo timeline SMT disusun oleh Mantos, timeline kali ini secara garis besar disusun oleh oleh Chimot dan Son, namun detailnya murni dikerjakan oleh Chimot ( karena beliau memang seorang yang perfeksionis dan telaten ). Dan seperti biasa jika ada acara, Son sibuk dengan urusan pemesanan kaos seragam plus booking pesawat dan hostel yang browsingnya dilakukan berempat.

Saat itu ( Desember 2009 ) Mantos dan Ervan sedang sibuk-sibuknya mengurus administrasi mereka untuk resign, jadi persiapan lebih diserahkan ke Chimot. Namun Mantos tetap bertanggung-jawab dalam hal penukaran uang, sedangkan Ervan berurusan mencetak sticker dan spanduk serta nge-print dokumen-dokumen perjalanan bersama Mantos.

Penyusunan timeline mengalami perdebatan yang sengit selama 2 bulan. Mantos keukeuh untuk berencana mengunjungi Hanoi, sedangkan Son ngebet banget ke Luang Prabang . Yang pusing sendiri justru Chimot yang mencoba mengakomodir keinginan kedua sahabatnya itu. Ervan sendiri cuek-cuek saja karena bagi dia bersama-sama dengan sahabat adalah hal cukup menyenangkan. Di pihak lain Edo sibuk mencari-cari info tiket murah, karena saat pembelian tiket bersama dia menolak dimana saat itu menurut dia tiket sangat mahal ( dan kemudian hari Edo pun batal ikut karena masalah tertentu ), dan Purwo semakin sibuk dengan “pekerjaan”nya :P. Sempat juga Chimot berencana membatalkan keikutsertaanya karena keadaan duka di keluarga, untung hal itu tidak pernah terjadi.

Dengan pertimbangan ini-itu, akhirnya Luang Prabang dan Hanoi ( di lain kesempatan Mantos ke Hanoi sendirian ) disingkirkan dari list kunjungan. Pertimbangan lebih ke waktu dan budget, dimana target waktu hanya 10 Hari dan budget tidak sampai 4,4 juta. Rencana awal hanya 3 negara ( Vietnam, Laos dan Kamboja namun karena untuk menuju Laos harus lewat border Nong Khai, maka diputuskan untuk ke Thailand terlebih dahulu)

Dan inilah Timeline VLK+T hasil pemikiran Chimot :

VLK Timeline
VLK Timeline

Perjalanan kali ini tanpa Edo dan Purwo, benar-benar terasa sangat kurang. Tanpa mereka berdua komposisi kali ini seperti sedikit linglung. Tidak ada sosok yang dewasa dan suka menengahi ( Purwo ) dan sosok gila tapi lucu ( Edo ). Semoga dilain kesempatan mereka ber-enam kembali bersama-sama dalam ber-backpack ria.

” Perjalanan ini berarti karena karena ada sahabat disampingku ”

10 thoughts on “Our Time Line of Vietnam-Laos-Kamboja-Thailand Trip

  • 25 June 2010 at 10:22 PM
    Permalink

    halo mas engineear… salam kenal…
    timelinenya membantu sekali, kebetulan sy jg mau ke vietnam, laos dan kamboja. mau nanya… kalo dr vietnam langsung ke laos atau kamboja tanpa ke thailand dulu apa bisa? baiknya kemana dulu ya? lalu pengurusan visa apa bisa on arrival? ada yg bilang ribet dan lama?
    thx a lot atas sharingnya…

    Reply
    • 26 June 2010 at 7:24 PM
      Permalink

      Alo Mbak Kartika…

      Kamu bisa dari vietnam ke kamboja langsung by Boat ato Bis kalo pengen lebih murah. Kamu bisa pesen lewat agen atau biasanya di guesthouse melayani juga. Untuk visa on arrival, biasanya akan dibantu oleh petugas bis ato perahu. Tapi kamu bisa ngurus sendiri. Kalo ngurus sendiri 20 USD, kalo lewat petugas Bis 28 USD

      Dari Vietnam ke Laos bisa langsung via pesawat. Untuk lewat darat harus lewat Thailand dulu karena saat kami ke sana border darat hanya dibuka di perbatasan Thailand ( Nong Khai ). Visa on arrival juga, 30 USD. Kalo di sini kamu harus ngurus sendiri. Ga ribet koq, cuman isi formulir dan bayar, tinggal nunggu panggilan saja. Kurang lebih 0,5 jam sudah beres.

      Reply
  • 23 August 2010 at 11:59 PM
    Permalink

    numpang nanya ya…
    kalau dari ho chi min ke thailand, lewat darat itu berapa jam ya?
    trus tau nggak, kalau thailand ke kuala lumpur lewat darat itu berapa jam?
    makasih banyak ya…

    Reply
  • 31 August 2010 at 9:11 PM
    Permalink

    Belum pernah nih dari Ho Chi Minh ke Thailand lewat darat.

    Kalo dari Bangkok ke Kuala Lumpur lewat darat lama banget Mbak. Sekitar hampir 1 hari 1 malam.

    Reply
  • 24 November 2010 at 8:45 PM
    Permalink

    Hi,
    ada info ga dari bangkok – laos – kamboja – bangkok tolong dong di share.
    Rencana sich 10 hari laos – kamboja.
    thanks atas informasinya.

    Reply
    • 24 November 2010 at 8:46 PM
      Permalink

      Silahkan kirim email ke salah satu author Mas

      Reply
  • 29 May 2011 at 5:21 PM
    Permalink

    Mohon bantuanya dunk, aq dapet tiket PP AA murah ke KL, rencana aq ama temenku mau eksplor Cambodia (Siem Reap), Laos (optional), Bangkok & Hanoi, enaknya ke mana duyu ya yg searah biar gak bolak balik

    Notes : aq hanya ada 6 hari saja, apakah cukup untuk ke semua tempat tersebut?

    Thanks
    ~ Vika ~

    Reply
    • 9 June 2011 at 11:24 AM
      Permalink

      Kalu untuk tiket AA harus sering2 browsing aja, sering promo kok, asal kita sering liat aja… Apalagi tiap jumat pas ada FLYBOULOUS…. Gudlak

      Reply
  • 7 November 2011 at 9:36 AM
    Permalink

    nice info mas.. kebetulan akhir november ini ys mau kesana insyaAllah, dari Batam – Malaysia – Thailand – Laos – Vietnam – Perbatasan Cina sendirian alias solo backpacker.. terima kasih atas rincian perjalanannya yg sangat membantu sekali.. 🙂

    Reply
  • 15 December 2011 at 10:16 AM
    Permalink

    —quote–
    Dari Vietnam ke Laos bisa langsung via pesawat.
    –unquote–
    Mas,
    dari info di atas, kan dari Vietnam bisa ke laos vie pesawat. nah ini dari airport yg mana?

    thanks
    ade

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *